-->

Apasih PPSSPP itu ? Simak penjelasan lengkapnya

Tentang PPSSPP Emulator
PPSSPP (singkatan dari "PlayStation Portable Simulator Suitable  Playing Portably") adalah sebuah emulator PSP gratis dan bisa dijalankan pada Windows , macOS , Linux , iOS , Android , BlackBerry 10 dan Symbian dengan peningkatan fokus pada kecepatan dan portabilitas. PPSSPP pertama kali dirilis ke publik pada 1 November 2012, dengan lisensi di bawah GNU GPLv2 . Proyek PPSSPP dibuat oleh Henrik Rydgard, salah satu pendiri emulator Dolphin.
Singkatya tentang PPSSPP Emulator:
Pencipta  Henrik Rydgard
Pengembang  Tim PPSSPP
Rilis pertama kali  1 November 2012
Diresmikan semua negara  4 Desember 2018
Sistem operasi Windows, Linux, macOS, iOS, Android, Blackberry 10, dan Symbian
Bahasa Tersedia 38 Bahasa (Termasuk Indonesia)
Ukuran Untuk semua operasi sisyem rata-rata 20MB
Tipe Emulator konsol vidio game
Lisensi  GNU GPLv2+
Situs web official  https://www.ppsspp.org/

Fitur dan Pengembangan
PPSSPP mendukung Save States (Lebih akrabnya seperti menyimpan hasil perjalanan game yang sudah di tempuh), rekompilasi dinamis ( JIT ) dan memiliki dukungan mendasar untuk jaringan nirkabel ad hoc . Untuk memecahkan kode data multimedia PSP, PPSSPP menggunakan perangkat lunak FFmpeg , yang ditingkatkan untuk memungkinkannya mengatasi format audio ATRAC3plus milik Sony. PPSSPP menawarkan fitur grafis yang merupakan peningkatan atas kemampuan PSP, seperti resolusi layar yang lebih tinggi, antialiasing , penskalaan gambar , dukungan untuk shader , dan penyaringan linier dan anisotropik .

untuk perangkat mobile PPSSPP menawarkan fitur tambahan khusus untuk setiap platformnya, seperti 'mode immersive' untuk perangkat Android, dukungan dari tombol multimedia untuk lerangkat Symbian dan layar peregangan pada lerangkat BlackBerry 10 untuk mendukung layar persegi. Semua PPSSPP untuk perangkat seluler mendukung penggunaan akselerometer, keyboard, dan gamepad sebagai perangkat input.

PPSSPP juga mendukung Vulkan API , yang ditambahkan dalam versi ke 1.5.4 dan yang seharusnya memberikan peningkatan kinerja besar pada perangkat yang didukung.

Portabilitas
Sejak awal, PPSSPP telah fokus pada portabilitas dengan dukungan untuk memperbanyak arsitektur dan sistem operasi yang bisa menjalankan. Meskipun pada awalnya hanya mendukung Microsoft Windows dan Android , tetapi tidak lama kemudian meresmikan juga pada sistem operasi Blackberry 10 , Symbian , macOS , Linux dan  iOS. Namun masih terdapat platform dan sistem operasi yang bisa menjalankannya tetapi tidak dirilis secara resmi seperti: Raspberry Pi , Loongson , Maemo , Meego Harmattan dan Pandora. Ada satu tahap port untuk Xbox 360. Meskipun port ditinggalkan, kode dukungan tetap, menawarkan dukungan untuk CPU big-endian dan GPU yang kompatibel dengan DirectX .

Untuk membantu dengan portabilitas, dua perpustakaan pengembangan lintas-platform , SDL dan Qt , dapat digunakan selain Blackberry, Android, dan antarmuka Win32 yang tidak portabel . Frontend Qt berperan penting dalam menambahkan dukungan untuk platform seperti Symbian. Frontend Qt dapat mendukung semua platform yang didukung secara resmi dan merupakan alternatif yang disarankan jika tidak ada antarmuka asli.

Penutup
Itulah beberapa gambaran tentang PPSSPP Emulator yang mungkin sudah kalian kenal, saya tau sebenernya mayoritas orang indonesia itu cuma suka menikmati hasilnya tanpa mengetahui proses dari hasil yang sudah diperoleh. Tapi saya juga tau gak semuanya gitu karena kalian yang baca artikel ini adalah orang-orang terpilih yang juga suka menikmati prosesnya 😆. Mungkin cukup segini saja wawasan yang saya berikan ke kalian kali ini bila mana terdapat kesalahan kata atau kalimat yang dianggap tidak sesuai saya akan sangat merasa senang jika kalian mengingatkan di kolom komentar.

Sumber Refrensi:
  1. Wikipedia PPSSPO
  2. PPSSPP homepage
  3. PPSSPP on Github.com
  4. PPSSPP Downloads - PSP emulator for Android, Windows, and many more
  5. PPSSPP: PSP emulator for Android, iOS, Windows, Linux, MacOSX, Blackberry, Symbian
  6. PPSSPP picks up Vulkan graphics support and more in latest update
  7. https://www.tomsguide.com/us/pictures-story/458-playstation-emulators-for-desktop-pc.html#s9
  8. PPSSPP: PSP emulator for Android, iOS, Windows, Linux, MacOSX, Blackberry, Symbian
  9. PPSSPP PSP Emulator Development Guide
  10. Ced2911/ppsspp
  11. Qt for PSP emulator
  12. Build instructions · hrydgard/ppsspp Wiki
  13. Compatibility List